Soal PPPK 2021 SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021. Berikut ini adalah beragam soal dan pembahasannya. Soal yang disusun mengacu pada kisi-kisi Tes Ujian PPPK Untuk Guru Mata Pelajaran Geografi atau Tes Ujian Guru Geografi . Soal SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021 dan soal pedagogik p3k pdf soal pedagogik pdf download soal pedagogik p3k soal pedagogik p3k 2021 kumpulan soal p3k dan jawabannya download kumpulan soal p3k dan jawabannya download soal p3k terbaru soal p3k 2021
Contoh Soal Tes CPNS 2021 (Calon Pegawai Negeri Sipil) Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi para peserta tes. Download Soal PPPK 2021 SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021
Soal PPPK 2021 SKB Geografi Pedagogik Tahun 2021 Tipe B
Soal 11.
Instrumen penilaian dalam pembelajaran untuk mengukur kompetensi pengetahuan menggunakan skor...
A. Benar-salah
B. Rating scale
C. Skala Likert
D. Uraian bebas
E. Uraian singkat
Kunci A
Penilaian untuk mengetahui penguasaan materi (kognitif) dapat dilakukan menggunakan tes (pencil and paper test) maupun non tes dengan jawaban binominal benar-salah .
Soal 12.
Perhatikan fenomena berikut!
1) Longsor
2) Gempa bumi
3) Usia produktif
4) Peristiwa tsunami
5) Peristiwa banjir
6) Permukiman kumuh
7) Pencemaran sungai
Fenomena yang paling tepat untuk merancang pembelajaran yang menumbuhkan sikap peduli lingkungan fi sik yaitu ....
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 5), dan 7)
C. 2), 4) dan 6)
D. 3), 5) dan 7)
E. 4), 6), dan 7)
Kunci B
Merancang pembelajaran untuk mengintegrasikan tema tertentu selayaknya memasukkan indikator atau variabel sesuai kebutuhan. Selanjutnya diintegrasikan terhadap perangkat pembelajaran. Misalnya tentang sikap peduli lingkungan
Soal 13.
Data geografi pada KD: menganalisis ketahanan pangan nasional, penyediaan bahan industri, serta potensi energi baru dan terbarukan di Indonesia yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air yaitu ...
A. Surplus pangan
B. bahan industri
C. Potensi energi
D. Energi terbarukan
E. Potensi industri
Kunci C
Merancang pembelajaran untuk mengintegrasikan tema tertentu selayaknya memasukkan indikator atau variabel sesuai kebutuhan. Selanjutnya diintegrasikan terhadap perangkat pembelajaran. Misalnya tentang sikap peduli lingkungan
Soal 14.
Hasil pembelajaran yang mendorong peserta didik terampil dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan, yaitu ...
A. Membuat peta tematik wilayah provinsi
B. Menyajikan makalah hasil observasi yang dilengkapi dengan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, atau foto
C. Menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan
D. Menyajikan proses dinamika litosfer dengan menggunakan peta, bagan
E. Membuat sketsa, denah, dan/atau peta potensi bencana serta strategi mitigasi bencana berdasarkan peta tersebut
Kunci E
Merancang pembelajaran untuk mengintegrasikan tema tertentu selayaknya memasukkan indikator atau variabel sesuai kebutuhan. Selanjutnya diintegrasikan terhadap perangkat pembelajaran. Misalnya tentang pelestarian lingkungan
Soal 15.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui ketuntasan belajar geografi yaitu ...
A. Menganalisis capaian kriteria minimal belajar
B. Analisis penilaian dan evaluasi pembelajaran
C. Penilaian formatif dan sumatif
D. Evaluasi diagnosis dan portofolio
E. Uji kinerja siswa dalam pembelajaran
Kunci B
Hasil analisis penilaian dan evaluasi dapat digunakan untuk mengetahui Ketuntasan belajar.
Soal 16.
Penentuan titik-titik pengamatan kegiatan outdoor study geografi ditentukan pada tahap ...
A. Penyusunan kurikulum geografi
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Pelaksanaan di lapangan
D. Observasi awal
E. Interpretasi lokasi
Kunci B
Langkah pembelajaran Outdoor Study, menurut Abdurrahman (1995:11-18), langkah-langkah dan peranan yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi Tahap Persiapan, meliputilangkah langkah sebagai berikut:
1. Merumuskan tujuan pembelajaran
2. Guru menyiapkan tempat dan media yang ada di luar lingkungan
3. Guru mengajak siswa ke luar kelas
4. Baik guru maupun siswa harus dalam keadaan nyaman, rileks dan tidak merasa terpaksa.
Tahap Pelaksanaan, meliputi langkah sebagai berikut:
1. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk berjalan dengan rapi dan tertib untuk belajar di luar kelas
2. Guru berdiri berhadapan dengan siswa berjarak kira-kira 1 meter Melaksanakan percakapan antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa
3. Guru menjelaskan materi
4. Siswa memperhatikan penjelasan guru di luar kelas
5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
Tahap Evaluasi, meliputilangkah sebagai berikut:
1. Tahap evaluasi merupakan kesempatan yang diberikan guru kepada siswa untuk memperlihatkan kemajuannya.
2. Jika siswa tidak memberikan jawaban maka guru tidak mengatakan salah tetapi menyebutkan kata yang benar dan mengajak siswa untuk mengulangi kembali
Soal 17.
Tahapan prosedur kerja yang paling sesuai dilakukan dalam kegiatan observasi lapangan untuk mengumpulkan informasi dan asosiasi oleh peserta didik yaitu ..
A. Membaca buku, observasi, eksperimen
B. Bertanya, pengamatan, dan komunikasi
C. Sintesis, pengamatan, eksplorasi
D. Pengamatan, observasi, bertanya
E. Eksperimen, komunikasi, observasi
Kunci A
Tahapan observasi lapangan mempunyai aktivitas yang relatif sama dengan kegiatan outdoor study dengan menekankan pada pendekatan saintifik
Soal 18.
Instrumen penilaian dan indikator yang paling sesuai untuk mengukur ketuntasan observasi lapangan dalam pembelajaran geografi yaitu …
A. Proyek; memuat tujuan, topik, alasan, tempat, responden, dan daftar pertanyaan secara lengkap, pelaksanaan instrument tertib, sistematika penulisan benar.
B. Penilaian sikap; berinisiatif, tanggap bencana, berperan aktif dalam meminimalisir kerugian, bersedia menjadi relawan
C. Penilaian diri; mengamatipeta persebaran potensi barang tambang indonesia berdasarkan jenis dan volumenya
D. Unjuk kerja; kejelasan materi, keaktifan berargumentasi, kemampuan menyanggah
E. Portofolio; tata bahasa, sumber dan hasil, kekuatan gagasan, sistematika Penulisan
Kunci Jawaban A.
Penilaian kegiatan observasi lapangan menggunakan instrumen proyek yang memuat tujuan, topik, alasan, tempat, responden, dan daftar pertanyaan secara lengkap, pelaksanaan instrument tertib, sistematika penulisan benar
Soal 19.
Teknik menyajikan data hasil kegiatan lapangan berupa data komposisi kependudukan yaitu .
A. Persentase
B. Korelasi
C. Triangulasi
D. Justifi kasi
E. Deskriptif
Kunci A
Teknik analisis data kegiatan penelitian/observasi/outdoor study berupa angka perbandingan dibuat dalam bentuk persentase. Kegiatan menyusun data mentah yang berserakan menjadi lebih teratur sehingga mudah dibaca, dipahami dan dianalisis disebut penyajian data.
Data yang sudah diolah ditampilkan ke dalam benuk-bentuk tertentu. Penyajian data memiliki kegunaan:
a) Menunjukkan perkembangan suatu keadaan
b) Mengadakan perbandingan pada suatu waktu
Metode Penyajian Data
a) Tekstual
Metode ini menyajikan dalam bentuk kalimat-kalimat/tulisan untuk menerangkan kumpulan data yang diperoleh. Metode ini digunakan untuk data yang jumlahnya kecil atau sedikit dan memerlukan suatu kesimpulan sederhana oleh karena itu kemampuan metode penyajian ini sangat terbatas.
b) Tabulasi
Metode ini menyajikan data dalam bentuk tabel untuk memberikan gambaran perbandingan antar situasi/keadaan.
c) Diagram/grafik
Penyajian data dalam bentuk diagram/grafi k dapat memberikan gambaran situasi yang telah terjadi melaui perbandingan dan peramalan data serta merupakan dasar untuk melakukan analisis lebih lanjut.
Jenis-jenis Diagram/Grafik
(1) Histogram
Suatu bentuk grafik yang menunjukkan penguraian/dispersi data disebut Histogram.
(2) Diagram garis (line diagram)
Diagram atau grafi k yang berupa garis yang menghubungkan titik-titik pada batang bilangan.
(3) Diagram Lingkaran/pinca (pie diagram)
Diagram atau grafi k berupa lingkaran yang telah di bagi-bagi menjadi juring-juring sesuai dengan data tersebut.
(4) Diagram tebar (scatter diagram)
Diagram scatter adalah alat untuk menganalisis hubungan antara dua variabel.
(5) Pictogram
Pictogram yaitu grafik yang menggunakan gambar atau lambang dari data sendiri dengan
skala tertentu.
(6) Mapgram
Mapgram yaitu grafi k berupa peta yang menunjukkan kepadatan penduduk, curah hujan, hasil pertanian dan sebagainya.
Soal 20.
Laporan utama hasil kegiatan outdoor study oleh guru geografi terkait ketuntasan belajar dan kegiatannya yaitu ...
A. Data hasil ujian outdoor study dan laporan kegiatan berdasarkan urutan agenda acara yang dibuat
B. Tingkat kelulusan peserta didik dan laporan keuangan
C. Data perubahan kemajuan peserta didik dan laporan kegiatan sesuai agenda
D. Data kehadiran dan partisipasi peserta didik serta laporan keuangan dan acara
E. Data keaktifan siswa dan laporan keberhasilan kegiatan outdoor study
Kunci A
Laporan Kegiatan outdoor study bagi guru dan siswa berbeda. Biasanya guru diminta untuk membuat laporan kegiatan secara administratif kepada sekolah dan laporan hasil penilaian terhadap siswa. Bagi siswa, laporan outdoor study berupa laporan kegiatan siswa selama mengikutiproses outodor study sesuai dengan tujuan pembelajaran. Laporan outdoor study siswa disampaikan kepada guru saja.
Soal Sebelumnya 👉SKB Geografi PPPK
Lihat Juga: