CONTOH SURAT KETERANGAN KORBAN KEBAKARAN

CONTOH SURAT KETERANGAN
SURAT KETERANGAN KORBAN KEBAKARAN 

Sebelum saya membahas dan memberikan contoh surat keterangan Korban Kebakaran, ada baiknya Anda membaca apa itu Surat Keterangan dan bagaimana penulisan Surat Keterangan yang baik agar tidak terjadi kesahanan dalam pengajuan.

Pengertian Surat Keterangan

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia terbaru, kata surat bearti kertas yang bertulis, secarik kertas sebagai tanda atau keterangan, sesuatu yang ditulis atau tertulis. 
Sedangkan kata keterangan bearti Dalam sintaksis, keterangan (bahasa Inggris: adjunct) ialah kata atau kelompok kata yang dipakai untuk meluaskan atau membatasi makna subjek atau predikat dalam kalimat. Keterangan bisa bermacam-macam, bisa keterangan tempat, waktu, tujuan, penjelasan sesuatu, dan lain-lain.

Melihat arti kedua kata tersebut, bisa dikatakan bahwa arti dari surat keterangan adalah secarik kertas yang didalamnya tertulis kata-kata (sekelompok kata/kalimat) yang meluaskan/membatasi makna sesuatu. Jadi pengertian dari surat keterangan adalah secarik kertas yang berisi tulisan mengenai sesuatu yang menerangkan suatu hal kepada orang / alamat yang ditujukan dalam surat tersebut.
Isi Surat keterangan hampir sama dengan surat pernyataan. Perbedaannya hanya terletak pada siapa pembuat surat tersebut. Jika yang membuat atau yang mengeluarkan surat tersebut adalah suatu instansi, lembaga maupun organisasi (surat resmi), maka surat tersebut merupakan surat keterangan, sebaliknya bila surat tersebut dibuat oleh seorang / pribadi maka surat tersebut tidak bisa dikatakan surat keterangan melainkan surat pernyataan meskipun isi surat tersebut 90% sama. Dengan kata lain, surat keterangan tidak bisa dibuat sendiri secara perorangan / pribadi. Surat ini merupakan salah satu contoh surat yang bersifat resmi.

Sebagai surat resmi, surat keterangan memiliki format penulisan yang berbeda dengan surat pernyataan (surat non resmi). Adapun format penulisan surat keterangan resmi / formal adalah sebagai berikut :
  • KOP surat (entu saja nama serta alamat lengkap dari instansi/lembaga/organisasi yang mengeluarkan surat keterangan)
  • Nomor surat
  • Keterangan yang dituju
  • Identitas pembuat surat
  • Isi surat (menjelaskan tentang maksud dikeluarkannya surat keterangan tersebut)
  • Penutup (tanggal, tanda tagan dan tama terang si pembuat surat keterangan)


Oke, Berikut ini adalah Contoh SURAT KETERANGAN KORBAN KEBAKARAN



PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE
KECAMATAN MUTIARA 
KEUCHIK GAMPONG MESJID YAMAN



SURAT KETERANGAN KORBAN KEBAKARAN
Nomor : 73   /  MY  /  V  / 2019

Keuchik Gampong Mesjid Yaman Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama : T. SYAMAUN
Tempat/Tgl. Lahir : Balue Kp. Langga, 09 Mei 1964
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Status Perkawinan : Kawin
Pekerjaan : Jualan
Alamat sekarang : Gampong Lueng Sagoe Kec. Mutiara Kab. Pidie

Benar yang namanya tersebut diatas salah seorang korban kebakaran Toko dan isinya yang terjadi pada tanggal 07 Oktober 2019 di Jalan Kantor Pos Beureunuen Gampong Mesjid Yaman Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie.

Demikianlah surat keterangan ini kami berikan agar dapat dipergunakan seperlunya dan terima kasih.




Mesjid Yaman, 30 Mei 2019
Keuchik Gampong Mesjid Yaman




BUKHARY. MY