BAB I KITAB-KITAB ALLAH SWT DAN PARA PENERIMANNYA (Pertanyaan dan Jawaban )




TUGAS MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM ( PAI )
     
         PERTANYAAN DAN JAWABAN
         BAB 7

D. AL-FATANAH
Yaitu Rasul yang memiliki kecerdasan yang tinggi. Perselisihan antara kelompok mekkah memaksa kehendak untuk meletakkan al-hajar al-aswad (batu hitam) di atas kakbah. Lalu Rasulullah saw, emnegahi dengan cara semua kelompok yang bersengketa agar memegang ujung dari kain itu. Kemudian Nabi meletakan batu itu ditngahnya dan mereka mengangkat hingga sampai di atas kakbah, seungguh cerdas Rasulullah SAW.

2. Sifat mustahil
   Adalah sifat yang tidak mungkin ada pada rasul, sifat mustahil lawan dari sifat wajib yaitu :
a)      Al-Kizzib
Artinya : “kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru dan tidaklah yang diucapkan itu (al-quran) menurut keinginannya tidak lain (al-quran) adalah wahyu yang di wahyukan (kepadanya).” (Q.S An-Nisa / 53 : 2-4 )

b)      Al-Khianah
Yaitu mustahil rasul itu khianat semua yang amanahkan kepadanya pasti dilaksanakan

Artinya : “ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu (muhammad), tidak ada tuhan selain dia dan berpalinglah di orang-orang musrik.” (Q.S. Al-An/6 :106 )

c)      Al-Kitmat
Yaitu mustahil rasul menyembunyikan kebenaran setiap firman yang ia terima dari Allah SWT, pasti ia sampaikan kepada umatnya.

Artinya : katakanlah (Muhammad), aku tidak megatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) megatakan kepadamu bawha aku malaikat, aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku, katakalah apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat apakah kamu tidak memikirkannya

d)     Al-Baladah
Al-Baladah yaitu mustahil rasul itu bodoh, meskipun Rasulullah saw tidak bias membaca dan menulis (ummi) tetapi ia pandai :

Artinya :
Jadilah pemaaf dan surulah orang-orang mengerjakan yang makruf, serta janganlah pedulikan orang-orang yang bodoh. “ (Q.S Al-A’raf / 7 : 199 )
3. Sifat Jaiz
Bagi rasulullah adalah sifat kemanusian yaitu al-ardul basyariyan, artinya rasul memiliki sifat-sifat sebagaimana meanusia ia bias seperti asa lapar, haus, sakit tidur, sedih senang, berkeluarga dan sebagainya
SIFAT-SIFAT YANG TERDAPAT PADA SELAIN RASUL
·    Ishamturrasul adalah orang yang ma’shum terlindung dari dosa dan salah dalam kemampuan pemahaman agama, ketaatan, dan meyampaikan wahyu Allah SWT
·        Ittizamurrasul adalah orang-orang yang selalu komitmen dengan apapun yang mereka ajarkan

PERTANYAAN BAB 7
KELOMPOK : 1
1.      Mengapa sifat jaiz rasul berbeda dengan sifat Jaiz Allah ? (Ria Zulfia)
Jawab : karena rasulullah saw juga manusia yang diciptakan Allah SWT seperti kita rasulullah juga makan seperti apa yang kita makan dan juga minum seperti apa yang kita minum.
2.      Mengapa rasul harus memiliki sifat wajib dan mustahil ? ( zafrina )
Jawab : karena rasul adalah utusan Allah SWT
3.      Apa perbedaan manusia biasa dengan rasul, jika ada jelaskan ! (siti sarah)
Jawab :
Banyak perbedaan antara manusia biasa dengan rasul salah saatunya manusia adalah orang biasa yang banyak dosa sendangkan rasul adalah manusia yang dikirimkan wahyu oelh Allah SWT untuk diajarkan kepada umatnya dan menujukan ke jalan yang benar.
KELOMPOK 2
1.      Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat mustahil rasul ? ( Dinda Annisa )
Jawab :
·     Al-lazzib yaitu mustahil rasul itu bohong atau dusta, semua perkataan dan perbuatan rasul tidak pernah bohong atau dusta
·  Al-Khianah yaitu mustahil rasul itu khianat semua yang diamanahkan kepadanya pasti dilaksanakan
·       Al- Kitmat yaitu mustahil rasul menyembunyikan kebenaran, setiap firman yang ia terima dari Allah SWT, Pasti ia sampaikan kepadanya kepada umatnya
·    Al-Baladah, yaitu mustahil rasul itu bodoh meskipun rasulullah saw, tidak bias membaca dan menulis (ummi) tetapi ia pandai
2.      Apa yang dimaksud dengan ichzamarrsul (dinda annisa )
Jawab : ichazamurrasul adalah orang-orang yang selalu komitmen dengan apapun yang mereka ajarkan.
3.      Apa maksud dari al-quran surah al-arat ayat 199 ? (ema maisura )
Jawab :
Jadilah pemaaf dan surahlah orang mengerjakan yang mankruf serta janganlah pedulikan orang-orang bodoh.

KELOMPOK 4
1.      Apa yang dimaksud denga ishmaturrasul ? (asma wati)
Jawab :
Ismaturrasul adalah orang yang mashum terlindung dari dosa dan salah dalam kemampuan pemahaman agama ketetaatan, dan menyampaikan wahyu Allah SWT.
2.      Sebutkan sifat-sifat yang mustahil pada rasul ( imaul amaua )
Jawab :
·         Al-lazzib
·         Al-khianah
·         Al-kitman
·         Al- baladah
3.      Apa bukti bahwa rasul mempunyai sifat fatanah ? ( imaul amalia )
Jawab :
Buktinya adalah :
Ketika terjadi Perselisihan antara kelompok mekkah memaksa kehendak untuk meletakkan al-hajar al-aswad (batu hitam) di atas kakbah. Lalu Rasulullah saw, emnegahi dengan cara semua kelompok yang bersengketa agar memegang ujung dari kain itu. Kemudian Nabi meletakan batu itu ditngahnya dan mereka mengangkat hingga sampai di atas kakbah, seungguh cerdas Rasulullah saw. Di hadapan kelompok yang bertengkar.

KELOMPOK 5
1.      Apa sifat mustahil dari rasul (Rahmaniah)
Jawab :
·         Al-lazzib
·         Al-khianah
·         Al-kitman
·         Al- baladah

2.      Sebutkan maksud dari surat an-naim ? (maya geubri magfirah )
Jawab :
Maksud dari surat an-najm adalah kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak pula keliru dan tidaklah yang diucapkan itu (al-quran) menurut keinginannya tidak lain (al-quran) adalah wahyu yang di wahyukan (kepadanya).”

3.      Apa yang dimaksud dengan ishmaturrasul ? (rahmaniah)
Jawab :
Ismaturrasul adalah orang yang mashum terlindung dari dosa dan salah dalam kemampuan pemahaman agama ketetaatan, dan menyampaikan wahyu Allah SWT.