PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL



PERUBAHAN SOSIAL

Pengertian Perubahan Sosial Manusia merupakan makhluk hidup yang dinamis, karena mengalami berbagai perubahan. Perubahan manusia inemberi dinamika di` masyarakat. Dinamika masyarakat tercermin dari adanya perubahan yang meliputi perubahari nilai sosial, norma-norma sosial,dan pola perilaku organisasi. Semua perubahan tersebut menjadi bagian dari perubahan sosial di masyarakat.
Perubahan sosial bisa dijadikan sebagai prediksi atau alat ukur untuk mengetahui suatu masyarakat mengalami perkembangan pada bidang tertentu atau tidak. Dalam hal ini, misalnya penggunaan teknologi yang menyebabkan perubahan di masyarakat. Perubahan tersebut bisa dilihat lebih jauh terkait peranan terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.
Dengan demikian, seberapa besar peranan perubahan sosial dalam proses pembangunan negara kita dapat diketahui. Manusia senantiasa mempelajari dan melakukan perubahan-perubahan terhadap lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan. Pefubahan tersebut dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan sosial yang ada.
Hal ini sangatwajar, karena lembaga-lernbaga kemasyarakatan yang berupa norma-norma sosial diciptakan dan cliajarkan dari satu generasi ke generasi lain hanya semata-mata untuk memerfuhi kebutuhan manusia, baik secara perorangan maupun kelompok. Pada dasarnya, perubahan sosial dapat diartikan sebagai proses modifikasi struktur Sosial dan pola kebudayaan dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial telah didefinisikan oleh para ahli dengan berbagai dasar pemikiran.
Berikut beberapa pendapat yang dikemukakan para ahli tentang pengertian perubahan sosial.
  1. Kingsley Davis, pefubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyaralgat. Strnktur sosial merupakan bentuk jalinan antaraunsiu' sosial pokok dalam masyarakat yang menunjuk jaringamhubungan antar individu di masyarakat di mana terjadi interaksi, interseksi, dan komunikasi sosial. Struktur sosial rnenimbulkan ketidakseimbangan hubungan sosial.
  2. Gillin and Gillin, perubahan sosial merupakan suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan, material, komposisi, pencluduk, ideologi, maupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
  3. Selo Soemardjan, perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi system sosiahmya, termasuk nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok di masyarakat.
  4. Samuel Koenig, perubahan sosial menunjuk pada pola modifikasi-modifikasi yang texjadi pada pola kehidupanmaniisia. Modiiikasi tersebut bisa terjadikarena sebab-sebab internal dan ekstemal.
  5. William F. Ogburn, perubahan sosial menekankan pada kondisi telmologis yang menyebabkan terjadjnya perubahan dalam kehidupan sosial.
  6. Roberf Mac Iver, perubahan smial merupakan perubalmn dalam hubungan sosial (social relationship) atau sebagai perubahan tethachp keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.

Dari definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial mencakup hal-hal berikut ini.
1.      Perubahan pola-pola atau lembaga-lembaga kemasyarakatan.
2. Memengaruhi sistem sosial, termasuk struktur sosial masyarakat dan perwujudan kebudayaan.
3.  Disebabkan oleh faktor dari dalam dan' nm masyarakac im Sandia. Perubahan sosial juga dapat diartikan sebagai perubahan pada lembaga sosial dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, dan pola perilaku individu serta kelompoknya.

Perubahan terjadi karena manusia hakikatnya selalu ingin berubah. Menurut Hirschman, penyebab terjadinya perubahan adalah karena kebosanan manusia yang tidak puas dengan segala sesuatu yang telah dicapainya.