Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli

Anekdot merupakan teks yang lucu, berkarakter dan di dalamnya mengandung kritikan yang membangun. Beberapa para ahli mengemukan pengertian anekdot sebagai berikut.

Keraf (1991:142) menyatakan bahwa anekdot adalah semacam cerita pendek yang bertujuan menyampaikan karakteristik yang menarik atau aneh mengenai seseorang atau suatu hal lain. Jadi, anekdot itu bisa diartikan cerita pendek yang berkarakter dan didalamnya mengandung kritikan yang membangun. Bisa juga diartikan sebagai cerita lucu yang bertujuan untuk mengkritik seseorang atau sesuatu hal.

Pengertian Teks Anekdot Menurut Para Ahli

Selain itu Tim Studi Edukasi (2013:5) menyatakan bahwa teks anekdot adalah cerita lelucon atau humor yang didalamnya terkandung pelajaran ataupun nasihat. Tujuannya untuk menyindir atau mengingatkan seseorang tentang suatu kebenaran.

Berdasarkan pengertian anekdot yang sudah dipaparkan, anekdot merupakan cerita yang lucu dan didalamnya terdapat sebuah sindiran. Penulis menyimpulkan bahwa anekdot adalah cerita humor singkat yang mempunyai tujuan untuk menyindir dan berisikan nasihat.

Anekdot adalah jenis teks yang berisi peristiwa peristiwa lucu, konyol atau menjengkelkan yang bertujuan untuk  menyampaikan kritik ataupun saran. Kata 'anekdot' dalam (Yunani: ἀνέκδοτον "tidak diterbitkan", secara harfiah "tidak dikeluarkan") berasal dari Procopius Of Caesaria, penulis biografi dari Justinan I , yang membuat sebuah karya berjudul Ἀνέκδοτα

(Anekdota, secara beragam diterjemahkan dengan Memoar yang tak diterbitkan atau Kisah Rahasia), yaitu sebuah koleksi kejadian-kejadian singkat dari kehidupan pribadi dari istana Bizantin. Secara bertahap, makna anekdot dipakai untuk setiap kisah singkat yang digunakan untuk menekankan atau mengilustrasikan apapun poin yang si penulis inginkan.

Anekdot memang lucu, tetapi anekdot bukanlah sebuah lelucon, karena tujuan utama anekdot tidak hanya menyebabkan kegembiraan, tetapi mengungkapkan fakta yang lebih umum bahwa cerita pendek itu sendiri, atau untuk membentuk suatu sifat tertentu dari sebuah karakter atau kinerja institusi, dan sebagainya yang melekat atau link ke Mismay esensinya memiliki moral. Baca Selanjutnya...