Makalah Bahasa Indonesia Fonologi

Makalah - Makalah Fonologi Bahasa Indonesia
Bahasa adalah suatu sistem lambang bunyi yang dipakai oleh penutur kepada lawan bicaranya untuk menyampaikan maksud atau tujuan dari sang penutur. Oleh karena itu, pengajaran bahasa khususnya bahasa Indonesia pada hakikatnya bertujuan untuk melatih bagaimana manusia dapat bertutur agar dapat menyampaikan pikiran dan perasaannya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar supaya dapat langsung dipahami oleh lawan bicaranya. Mengenai bahasa, tentu banyak sekali hal dapat dikaji untuk menambahkan ilmu kita dalam berbahasa. Salah satu kajian bahasa adalah fonologi.
Makalah Bahasa Indonesia Tentang Fonologi

Fonologi merupakan satu dari banyak hal penting yang berkenaan dengan bahasa. Maka dari itu, dalam makalah ini pemakalah mencoba untuk menjelaskan apa itu fonologi dan apa saja yang berkaitan dengan ilmu fonologi ini.

Berdasarkan deskripsi yang sudah Pemakalah paparkan sebelumnya, maka dapat dirumuskan beberapa masalah yaitu sebagai berikut:
1. Apa pengertian Fonologi dan apa perbedaannya dengan fonetik?
2. Bagaimana alat ujar dan rangkaian bunyi bahasa?
3. Apa yang dimaksud dengan fon, fonem, dan alofon?

Pengertian Fonologi
Istilah fonologi ini berasal dari gabungan dua kata Yunani yaitu phone yang berarti bunyi dan logos yang berarti tatanan, kata, atau ilmu disebut juga tata bunyi. Adapun Pengertian fonologi menurut beberapa ahli yakni:
1. Menurut Kridalaksana dalam kamus linguistik, fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya
2. Kamus Besar Bahasa Indonesia3, fonologi dimaknai sebagai ilmu tentang bunyi bahasa, terutama yang mencakup sejarah dan teori perubahan bunyi. 3. Menurut Abdul Chaer4, secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata fon yang bermakna bunyi dan logi yang berarti “ilmu”.

Secara sederhana, maka fonologi dapat diartikan sebagai suatu bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.5

Perbedaan Fonologi dan Fonetik
Fonetik adalah ilmu yang mempelajari bunyi bahasa tanpa memperhatikan apakah bunyi-bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai makna atau tidak. Fonetik sendiri terbagi menjadi tiga yakni fonetik artikulatoris, akustik, dan auditoris. Fonetik artikulatoris mempelajari bagaimana mekanisme alat-alat bicara manusia bekerja dalam menghasilkan bunyi bahasa, serta bagaimana bunyi-bunyi itu diklasifikasikan. Fonetik akustik mempelajari bunyi bahasa sebagai peristiwa fisis atau fenomena alam. Sedangkan, fonetik auditoris mempelajari bagaimana mekaisme penerimaan bunyi bahasa itu oleh telinga kita.

Fonetik dan Fonologi adalah dua disiplin ilmu yang sama-sama mengkaji bunyi bahasa. Namun demikian, ranah kajian kedua disiplin ini berbeda. Pembagian ranah kajian antara fonetik dan fonologi secara tegas bersumber dari pemikiran seorang linguis Swiss, Ferdinand de Saussure. Melalui sumbangan pemikirannya yang diabadikan oleh para mahasiswanya dalam Cours de linguistique gēnērale (1996), ia telah meletakkan fondasi bagi kemajuan linguistik modern sehingga ia dijuluki Bapak Linguistik Modern.

Unduh Makalah Fonologi dibawah ini. Unduh