Soal Tes Pedagogik PPG 2019 Lengkap Pembahasan

Soal PPG 2019merupakan seleksi tes awal yang wajib dilaksanakan Oleh seorang Guru untuk menjadi Calon Peserta PPG dalam Jabatan Tahun 2018-2022. Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pendidikan profesi guru harus ditempuh selama 1-2 tahun setelah seorang calon lulus dari program sarjana kependidikan maupun non sarjana kependidikan. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) merupakan program pengganti akta IV yang tidak berlaku lagi mulai tahun 2005. soal pretest ppg pedagogik jalur ppg. contoh soal pretest ppg kemenag 2019. pretest ppg pai 2019. soal pretest ppg pai 2019. soal pretest pai 2019. Soal Tes Pedagogik PPG 2019 Lengkap Pembahasan


Soal Tes Pedagogik PPG 2019 Lengkap Pembahasan
Berikut ini akan diuraikan beragam soal dan pembahasan dalam upaya membantu peserta PPG dalam menyiapkan Uji Pengetahuan.. Soal soal disusun mengacu pada kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) yang digunakan untuk mengukur hasil evaluasi akhir para peserta PPG, baik untuk kompetensi pedagogik maupun profesional. 





Soal dan pembahasan kompetensi pedagogik disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam:
  1. Merencanakan pembelajaran yang mendidik,
  2. Merancang penilaian, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran dan 
  3. Mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Soal dan pembahasan kompetensi profesional disusun untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan peserta dalam: 
  1. Menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam,
  2. Menguasai dan menemukan konsep, pendekatan, teknik, dan metode ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan, 
  3. Mengelola informasi, 
  4. Mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi,
  5. Menerapkan konsep teoretis materi pelajaran yang diampu, 
  6. Merancang dan melaksanakan penelitian tindakan kelas dan,
  7. Bekerja di bidang keahlian pokok.
Berikut ini adalah Soal dan Lengkap Dengan Pembahasan yaitu 10 Soal Tes Pedagogik PPG 2019.

Soal Nomor 1
Pada saat siswa berdiskusi tentang banyaknya rusuk pada kubus, kerucut dan tabung, siswa banyak yang berbeda pendapat tentang banyaknya rusuk tabung dan kerucut. Setelah dianalisis kesalahan mereka dikarenakan berbeda dalam memahami konsep rusuk pada bangun ruang tersebut. Tindakan yang sesuai untuk menangani perbedaan siswa dalam memahami konsep tersebut adalah ....
A. Siswa diminta mengamati benda riil yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk menghitung banyaknya rusuk
B. Siswa diminta mengamati gambar kubus, tabung, dan kerucut untuk menentukan banyaknya rusuk
C. Siswa diminta mengamati alat peraga dan gambar yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk memikirkan apa yang dinamakan rusuk.
D. Membandingkan banyaknya rusuk balok dan kubus
E. Guru menjelaskan banyaknya rusuk kubus, tabung dan kerucut sehingga siswa paham

Jawaban C
Pembahasan
Saat siswa mengalami perbedaan pendapat siswa tentang suatu konsep tertentu, cara menanganinya adalah menutup yang menyebabkan mereka mengalami miskonsepsi. Pengertian rusuk bagi siswa adalh garis yang membatasi dua buah bidang. Sehingga ketika melihat kerucut maka garisnya ada 2. Untuk itu yang benar tindakannya adalah C

Soal Nomor 2
Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ....
A. Memberikan reward bagi yang berprestasi
B. Menjelaskan cara belajar agar berprestasi
C. Memberikan hukuman bagi yang tidak berprestasi
D. Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari
E. Menjelaskan materi dan memberi contoh contoh soal yang banyak

Jawaban D
Pembahasan
Salah satu faktor intrinsik yang menyebabkan siswa termotivasi mempelajari suatu materi adalah siswa tersebut merasakan pembelajaran tersebut bermakna. Salah satu kegiatan pembelajaran yang bermakna adalah jawaban D yaitu Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari

Soal Nomor 3
Diketahui indikator “Menyelesaikan masalah yang terkait dengan relasi antar himpunan” Soal yang cocok untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah ….
A. Diketahui A adalah himpunan bilangan Asli yang kurang dari 10. Himpunan B adalah himpunan bilangan Prima yang kurang dari 15. Tentukan A ∩ B.
B. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa putra. Jika diketahui 20 siswa senang bermain bola volley dan 6 siswa senang berenang, 5 orang siswa senang bermain volley dan renang. Berapa banyaknya siswa yang tidak senang bermain volley maupun renang?
C. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil yang lebih dari 1 dan kurang dari 10. Himpunan B adalah himpunan empat bilangan bilangan Prima yang pertama.Tentukan AUB.
D. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa putra. Jika diketahui 10 siswa senang bermain bola volley dan 15 siswa senang berenang, 5 orang siswa tidak senang bermain volley dan renang. Gambarkan diagram venn yang menggambarkan hubungan himpunan siswa yang senang dan juga tidak senang bermain volley maupun renang.
E. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil

Jawaban D
Pembahasan
Relasi antar himpunan menggambarkan posisi dua himpunan itu sama, saling asing, berpotongan , atau yang satu merupakan bagian dari yang lain. Jawaban selain D menanyakan kardinalitas himpunan atau hasil operasi antar himpunan. Jadi jawaban yang benar adalah D

Soal Nomor 4
Dari soal-soal di bawah ini, manakah yang merupakan soal yang bermakna untuk mengukur penerapan konsep persegi panjang?
A. Mengapa persegi panjang adalah sebuah jajargenjang?
B. Apakah persegipanjang adalah persegi?
C. Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan secukupnya.
D. Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang adalah 8cm dan lebar adalah 5 cm
E. Apakah persegi panjang semua sudutnya 90o? Berikan alasan secukupnya

Jawaban C
Pembahasan
Seseorang dikatakan memahami suatu konsep apabila dapat menentukan mana contoh dan mana yang bukan contoh dari konsep tersebut. Jawaban yang benar adalah C yaitu Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan secukupnya

Soal Nomor 5
Dalam sebuah pembelajaran tentang bentuk aljabar, 2a + 3b diilustrasikan oleh siswa sebagai jumlahan dua buah apel dan tiga buah jeruk. Siswa lain mengilustrasikan jumlahan dari buah apel yang berada pada dua kardus besar dan tiga kardus kotak kecil. Tindakan yang tepat yang dapat dilakukan oleh guru untuk menangani perbedaan pendapat siswa tersebut ialah
A. Menjelaskan bahwa kedua jawaban tersebut benar
B. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel
C. Meminta siswa untuk melihat kembali unsur dari bentuk aljabar
D. Memberikan soal lain agar siswa dapat mendapatkan pola
E. Memberikan selamat bagi siswa yang menjawab dengan benar

Jawaban B
Pembahasan
Untuk bisa memberikan justifikasi sesuatu itu benar atau salah seseorang harus tahu dasar atau kesepakatan yang telah dibuat. Terkait dengan permasalahan tersebut perlu diminta untuk melihat kembali apa definisi variable. Maka jawaban yang benar adalah B.

Soal Nomor 6
Diketahui barisan 1 / 2, 1/4, 1/8, .... Tentukan suku ke 8 barisan tersebut. Dari pilihan jawaban berikut yang merupakan pengecoh yang kurang tepat adalah
A. 1/128
B. 1/256
C. 1/512
D. 1/1024
E. 1/(2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2+2)

Jawaban E
Pembahasan
Untuk menentukan distraktor yang tepat sesuai dengan soal yang diberikan , maka distractor itu tidak boleh mencolok bentuknya dengan option yang lain. Distraktor harus merupakan jawaban dari peserta tes yang salah dalam prosedur maupun konsep penyelesaian masalah tersebut. Jawaban E mencolok berbeda dengan option yang lain

Soal Nomor 7
Diketahui bahwa Pada suatu segitiga siku-siku, kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga tersebut. Soal yang paling cocok untuk mengukur penguasaan konsep tersebut adalah....
A. Sebutkan 3 bilangan yang merupakan tripel phytagoras
B. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi 12 cm, 13 cm, dan 15 cm. Apakah segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku?
C. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi a= 2 cm, b=3 cm, dan c=25 cm. Apakah c merupakan sisi miring segitiga tersebut?
D. Sebutkan rumus phytagoras
E. Tuliskan teorema phytragoras.

Jawaban C
Pembahasan
Pemahaman siswa tentang kalimat kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga bisa juga terjadi bukan kuadrat dari a ditambah kuadrat dari b sama dengan c kuadrat dari c akan tetapi kuadrat dari a ditambah b sama dengan kuadrat dari c. Maka soal C cocok untuk mengukur penguasaan konsep teorema ptyhagoras

Soal Nomor 8
Pada saat siswa diberi soal tentang masalah kombinasi, siswa banyak yang salah dalam menjawab soal tersebut. Setelah dianalisis kesalahan mereka dikarenakan salah dalam menerapkan rumus dan menganggap permasalahan yang diberikan adalah masalah permutasi. Tindakan yang sesuai untuk menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal soal tersebut adalah ....
A. Memperbanyak contoh-contoh soal yang menggunakan rumus kombinasi
B. Memberikan latihan masalah-masalah kontekstual tentang permutasi
C. Memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat membedakan antara permutasi dan kombinasi
D. Membandingkan rumus permutasi dan kombinasi
E. Memperbanyak latihan soal menggunakan rumus kombinasi

Jawaban C
Pembahasan
Saat siswa diberi soal tentang masalah kombinasi, siswa banyak yang salah dalam menjawab soal tersebut karena para siswa menerapkan rumus dan menganggap permasalahan yang diberikan adalah masalah permutasi, hal ini dapat diindikasikan bahwa siswa siswa kurang memahami permasalahan yang ada termasuk masalah permutasi atau kombinasi. Untuk itu tindakan yang sesuai untuk menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut adalah jawaban C yaitu memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat membedakan antara permutasi dan kombinasi.

Soal Nomor 9
Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran sehingga siswa terlihat sering mengantuk ketika mengikuti pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan ialah
A. Meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik
B. Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik
C. Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik
D. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran
E. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar matematika

Jawaban A
Pembahasan
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Kalau dalam pembelajaran mayoritas siswa kurang aktif maka PTK itu dilakukan dengan tujuan melakukan pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan siswa. Untuk itu jawaban yang tepat adalah jawaban A

Soal Nomor 10
Diketahui judul PTK :”Penerapan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kritis Siswa Kelas 7A SMPN 1 Salatiga”
(1) Berpikir Kritis
(2) Problem based learning
(3) Pengajuan masalah
(4) Pembelajaran Matematika
Dari poin-poin materi tersebut, yang harus dibahas dalam kajian pustaka adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (1), (2), dan (3)
D. (1) dan (3)
E. Semua jawaban

Jawaban A
Pembahasan
Kajian pustaka berfungsi untuk memberikan landasan teori terkait dengan materi topic penelitian yang akan dilakukan. Terkait dengan judul tersebut pada kajian pustaka sekurang kurang nya membahas tentang berpikir kritis dan pengajuan masalah atau problem posing.


Demikian Soal dan Pembahasan PPG Tahun 2019 yaitu mengenai Soal Tes Pedagogik PPG 2019 Untuk Calon Peserta PPG dalam Jabatan Tahun 2018-2022 yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu Bapak dan Ibu guru.
IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya, Khususnya tentang SOAL PRETEST DAN SOAL UP PPGTerima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Salam Sukses Untuk Guru Indonesia.
Jangan Lupa Berdoa. Semoga Bermanfaat.