Tes Sumatif Pedagogik Daljab 2019 [ Soal 1 Sampai 10 ]
Tes
Sumatif M3: Teori Belajar dan Pembelajaran
NILAI
= 80
BETUL
= 24
Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas
hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media
memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak,
termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi
tersebut merupakan pernyataan teoretik dari
Question 1 options:
Diterminisme
teknologi
|
|
Diterminisme
sosial
|
|
Diterminisme
ICT
|
|
Diterminisme
budaya
|
|
Diterminisme
teknologi dan efek media
|
Guru
menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili
profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi
dari standar
Question 2
options:
Memfasilitasi
dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
|
|
Memfasilitasi
dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
|
|
Memfasilitasi
pembelajar kekinian
|
|
Model
Kerja dan Belajar Digital-Age
|
|
Mempromosikan
dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab
|
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam
perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu
sendiri, yang disebut sebagai?
Question 3 options:
Media
Berbasis TIK
|
|
Media
transformasi
|
|
Media
konvergensi
|
|
Multimedia
|
|
Media
Berbasis web
|
Mediatisasi
adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah
masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan
hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi
institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan
institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama
mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
Question 4
options:
Media
sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
|
|
Media
menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian
menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
|
|
Media
terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran
guru dalam proses pembelajaran.
|
|
Media
bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen
dalam pembelajaran.
|
|
Media
tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena
menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
|
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah
memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu
besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi
sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar
terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan,
TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan
kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang
Anda anggap benar?
Question 5 options:
Perangkat
TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbilkan
pengaruh buruk
|
|
Sebagai
guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi
dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan
media.
|
|
Kehadiran
TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK
bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan
peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
|
|
Guru
sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses
pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena
teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses
pembelajaran.
|
|
Tidak
ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media
dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan
baru ini.
|
Salah satu
pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di
bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Question 6
options:
Sebagai
media hibran
|
|
Sebagai
media literasi
|
|
Sebagai
media sumber belajar
|
|
Sebagai
media komunikasi
|
|
Sebagai
media promosi
|
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel
bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun
saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang
dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang
disebut
Question 7 options:
Alternative
tools
|
|
Independent
tools
|
|
Interacting
with others
|
|
Situational
tools
|
|
Interactive
tools
|
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial
yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di
seluruh penjuru dunia
Question 8 options:
proquest
|
|
web
|
|
blog
|
|
podcast
|
|
wiki
|
Berikut yang
bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan
pembelajaran di era digital adalah
Question 9
options:
Personal
Response System (PRS)
|
|
Interactive
Instruction (Pembelajaran Interaktif)
|
|
Community
of Practice (Komunitas Praktik)
|
|
Interactive
Instruction and Personal Response System
|
|
Interacting
with others
|
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam
kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Question
10 options:
Hasil
belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi
digital.
|
|
Semakin
merosotnya nilai-nilai karakter siswa
|
|
Peningkatan
penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas
belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
|
|
Keterampilan
motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
|
|
Interpersonal
skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari
|