Tes Sumatif Pedagogik Daljab 2019 Soal 1 Sampai 10


Tes Sumatif Pedagogik Daljab 2019 [ Soal 1 Sampai 10 ]
Tes Sumatif M3: Teori Belajar dan Pembelajaran
NILAI             = 80
BETUL           = 24

Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari
Question 1 options:
Diterminisme teknologi
Diterminisme sosial
Diterminisme ICT
Diterminisme budaya
Diterminisme teknologi dan efek media


Guru menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi dari standar
Question 2 options:
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa
Memfasilitasi dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa.
Memfasilitasi pembelajar kekinian
Model Kerja dan Belajar Digital-Age
Mempromosikan dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab

Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
Question 3 options:
Media Berbasis TIK
Media transformasi
Media konvergensi
Multimedia
Media Berbasis web

Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
Question 4 options:
Media sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru
Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.
Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.

Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan, TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang Anda anggap benar?
Question 5 options:
Perangkat TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbilkan pengaruh buruk
Sebagai guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan media.
Kehadiran TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran.
Guru sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses pembelajaran.
Tidak ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan baru ini.

Salah satu pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Question 6 options:
Sebagai media hibran
Sebagai media literasi
Sebagai media sumber belajar
Sebagai media komunikasi
Sebagai media promosi

Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut
Question 7 options:
Alternative tools
Independent tools
Interacting with others
Situational tools
Interactive tools

Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di seluruh penjuru dunia
Question 8 options:
proquest
web
blog
podcast
wiki

Tes Sumatif M3: Teori Belajar dan Pembelajaran

Berikut yang bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan pembelajaran di era digital adalah
Question 9 options:
Personal Response System (PRS)
Interactive Instruction (Pembelajaran Interaktif)
Community of Practice (Komunitas Praktik)
Interactive Instruction and Personal Response System
Interacting with others


Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Question 10 options:
Hasil belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi digital.
Semakin merosotnya nilai-nilai karakter siswa
Peningkatan penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia.
Keterampilan motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran
Interpersonal skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari