Tes Sumatif Pedagogik Daljab 2019 [ Soal 1 Sampai 10 ]
Tes
Sumatif M3: Teori Belajar dan Pembelajaran
NILAI
            = 80 
BETUL
          = 24
Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas
hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media
memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak,
termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi
tersebut merupakan pernyataan teoretik dari
Question 1 options:
Diterminisme
  teknologi 
 | 
 |
Diterminisme
  sosial 
 | 
 |
Diterminisme
  ICT 
 | 
 |
Diterminisme
  budaya 
 | 
 |
Diterminisme
  teknologi dan efek media 
 | 
 
Guru
menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan proses kerja yang mewakili
profesional inovatif dalam masyarakat global dan digital, merupakan deskripsi
dari standar
Question 2
options:
Memfasilitasi
  dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa 
 | 
 |
Memfasilitasi
  dan Menginspirasi Pembelajaran dan Kreativitas Siswa. 
 | 
 |
Memfasilitasi
  pembelajar kekinian 
 | 
 |
Model
  Kerja dan Belajar Digital-Age 
 | 
 |
Mempromosikan
  dan Model Digital Citizenship dan Tanggung Jawab 
 | 
 
Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam
perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu
sendiri, yang disebut sebagai?
Question 3 options:
Media
  Berbasis TIK 
 | 
 |
Media
  transformasi 
 | 
 |
Media
  konvergensi 
 | 
 |
Multimedia 
 | 
 |
Media
  Berbasis web 
 | 
 
Mediatisasi
adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah
masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan
hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi
institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan
institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama
mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
Question 4
options:
Media
  sangat bergantung pada kemampuan dan motivasi guru guru 
 | 
 |
Media
  menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian
  menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan. 
 | 
 |
Media
  terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran
  guru dalam proses pembelajaran. 
 | 
 |
Media
  bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen
  dalam pembelajaran. 
 | 
 |
Media
  tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena
  menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media. 
 | 
 
Penetrasi TIK dalam pembelajaran semakin mendorong lembaga sekolah
memanfaatkan teknologi canggih ini. Bukan saja sumber daya TIK memang begitu
besar untuk memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran, tetapi
sebagai bagian dari revolusi industri 4.0 siapa pun tidak bisa menghindar
terhadap hadirnya gelombang baru ini. Dari sudut pandang teknologi pendidikan,
TIK memang terbukti memiliki sumber daya besar untuk membantu peningkatan
kualitas pembelajaran. Atas dasar argument itu, mana pernyataan berikut yang
Anda anggap benar?
Question 5 options:
Perangkat
  TIK perlu dikendalikan pemanfaatannnya di sekolah supaya tidak menimbilkan
  pengaruh buruk 
 | 
 |
Sebagai
  guru abad 21, guru harus menyesuaikan diri dengan cara kerja logika teknologi
  dan media, sehingga bagaimanapun guru harus mengikuti kehendak teknologi dan
  media. 
 | 
 |
Kehadiran
  TIK ini tidak harus dihadapkan secara frontal pada peran guru, karena TIK
  bisa berjalan secara pararel dan saling mengisi di antara peran guru dan
  peran teknologi serta media untuk memecahkan problem pembelajaran. 
 | 
 |
Guru
  sampai kapan pun tetap merupakan kekuatan tersendiri dalam proses
  pembelajaran, sehingga kehadiran TIK tidak perlu diperhitungkan karena
  teknologi dan media tidak bisa mengganti peran guru dalam proses
  pembelajaran. 
 | 
 |
Tidak
  ada satu kekuatan apa pun yang bisa menghentikan pengaruh teknologi dan media
  dalam dunia pendidikan, karena itu guru harus beradaptasi dengan perkembangan
  baru ini. 
 | 
 
Salah satu
pemanfaatan utama media dan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari di
bidang pendidikan pada era digital ini adalah
Question 6
options:
Sebagai
  media hibran 
 | 
 |
Sebagai
  media literasi 
 | 
 |
Sebagai
  media sumber belajar 
 | 
 |
Sebagai
  media komunikasi 
 | 
 |
Sebagai
  media promosi 
 | 
 
Peserta didik di era digital dapat menggunakan perangkat nirkabel
bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktifk apanpun dan dimanapun
saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang
dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang
disebut
Question 7 options:
Alternative
  tools 
 | 
 |
Independent
  tools 
 | 
 |
Interacting
  with others 
 | 
 |
Situational
  tools 
 | 
 |
Interactive
  tools 
 | 
 
Berikut yang bukan situs media interaktif berbasis web dan media sosial
yang dapat dimanfaatkan guru sebagai sarana belajar dalam komunitas belajar di
seluruh penjuru dunia
Question 8 options:
proquest 
 | 
 |
web 
 | 
 |
blog 
 | 
 |
podcast 
 | 
 |
wiki 
 | 
 
Berikut yang
bukan termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam pengembangan
pembelajaran di era digital adalah
Question 9
options:
Personal
  Response System (PRS) 
 | 
 |
Interactive
  Instruction (Pembelajaran Interaktif) 
 | 
 |
Community
  of Practice (Komunitas Praktik) 
 | 
 |
Interactive
  Instruction and Personal Response System 
 | 
 |
Interacting
  with others 
 | 
 
Ilustrasi dari pesatnya penggunaan media dan teknologi digital dalam
kehidupan sehari-hari pada abad 21 ditandai dengan
Question
10 options:
Hasil
  belajar siswa yang mulai meningkat setelah menggunakan media dan teknologi
  digital. 
 | 
 |
Semakin
  merosotnya nilai-nilai karakter siswa 
 | 
 |
Peningkatan
  penggunaan media sosial untuk melakukan interaksi sosial terkait komunitas
  belajar peserta didik di seluruh penjuru dunia. 
 | 
 |
Keterampilan
  motorik siswa yang mulai terlihat dalam kegiatan pembelajaran 
 | 
 |
Interpersonal
  skill siswa yang mulai nampak dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
 
