Analisis dan Sintesis Jurnal

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMAHAMI HIKAYATBERMUATAN NILAI-NILAI MORALUNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA

Dian Choirul Hadi
SELOKA 4 (1) (2015) ISSN 2301-6744

1. Latar belakang
Bahan ajar memahami hikayat relatif terbatas, baik dari jenis-jenis ceritanya maupun referensi yang dapat digunakan. Selama ini bahan ajar memahami hikayat yang digunakan peserta didik SMA/MA masih disajikan secara ringkas dan sederhana atau masih tergabung dengan materi-materi lainnya, belum spesifik menyajikan materi hikayat. Padahal, materi memahami hikayat merupakan salah satu materi sastra yang sulit menurut kebanyakan peserta didik.

2. Landasan Teori
Hikayat merupakan cerita lama yang sarat dengan nilai-nilai moral terkandung di dalamnya.Karya sastra baik yang berbentuk puisi, drama, maupun prosa, tidak terlepas dari nilai-nilai budaya, sosial, atau moral (Kosasih, 2008:64, Nurgiyantoro, 2010:323). Nilai-nilai moral hikayatpenting untuk diapresiasi dan diamalkan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai moral tersebut ada yang tersurat langsung dalam ceritanya, adapula yang secara tidak langsung tersirat dalam ceritanya.

3. Masalah
Bagaimana dampak pengembangan bahan ajar memahami hikayat bermuatan nilai-nilai moraluntuk peserta didik SMA/MA

4. Metodologi
Desain penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R & D), yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tertentu (Sugiono 2010:407).

5. Hasil Penelitian
Hasil uji keefektifan menunjukkan efektif digunakan dalam pembelajarandengan pencapaian skor nilai rata-rata di kelas X 6 SMA Negeri 1 Kragan untuk kompetensi pengetahuan (KI 3) adalah 3,48 (B+), kompetensi keterampilan (KI 4) adalah 3,60 (A-) dan di kelas X F MA Salafiyah Kajen untuk kompetensi pengetahuan (KI 3) adalah 3,46 (B+), kompetensi keterampilan (KI 4) adalah 3,57 (A-). Adapun pemerolehan nilai kompetensi sikap dari dua sekolah sampel adalah mencapai ketuntasan 100%.

6. Kesimpulan
Peserta didik dan pendidik mengharapkan materi disusun secara lengkap, detail, menarik, mampu memandu peserta didik dalam memahami hikayat baik tentang pengetahuan karakteristik hikayat maupun keterampilan menginterpretasi dan mengapresiasi hikayat, serta bermuatan nilai-nilai moral.

Karakteristik pengembangan bahan ajar memahami hikayat bermuatan nilai-nilai moral untuk peserta didik SMA/MA berupa prinsip-prinsip yang berdasarkan kelayakan buku teks pelajaran yang meliputi isi materi, penyajian, ebahasaan, dan kegrafikaan, serta prinsip penggunaan.

Bahan ajar memahami hikayat bermuatan nilai-nilai moral untuk peserta didik SMA/MA berupa buku teks pelajaran sebelumnya sudah melalui uji validasi produk pengembangan oleh ahli dan tahap revisi.

7. Komentar
a. Keunggulan
Metode penelitian yang bagus, penjelasan tentang hasil penelitian yang jelas dan hasil penelitian yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan lebih lanjut

b. Kelemahan
Referensi yang di guankan banyak yang tidak up to date.