Pajar Purnomo, Ida Zulaeha, Subyantoro
Seloka 4 (2) (2015) Issn 2301-6744
1. Latar belakang
Keterampilan menulis pada Kurikulum 2013 terdapat pada semua jenjang pendidikan.Pada jenjang pendidikan SMP keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa, salah satunya keterampilan menulis teks eksposisi. Dalam bukupengayaan menulis teks eksposisi yang dikembangkan, diintegrasikan nilai-nilai positif dalam rangka membangun kepribadian siswa yang baik. Muatan nilai-nilai sosial merupakan salah satu nilai positif yang dapat diintegrasikan dalam buku pengayaan.
2. Landasan Teori
Bahan ajar diartikan sebagai bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa SMP berupa buku teks pelajaran bahasa Indonesia dengan judul “Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan” terbitan Kemdikbud. Buku tersebut dapat dianalisis dari 4 aspek yaitu aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan grafika.
3. Masalah
Bagaimana dampak pengaruh pengembangan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosial untuk siswa SMP
4. Metodologi
Untuk mengembangkan buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai sosial untuk siswa SMP, digunakan pendekatan research and development (R&D) dengan sepuluh langkah sesuaiteori Sugiyono (2010:409). Berdasarkan kesepuluh tahap tersebut, peneliti melakukan modifikasi tahap menjadi tujuh sesuai dengan kebutuhan penelitian ini. Ketujuh tahap tersebut yakni (1) survei pendahuluan, (2) penyusunan prinsip-prinsip penulisan buku pengayaan, (3) pengumpulan data untuk pengembangan draf buku, (4) penyusunan draf buku, (5) validasi produk, (6) revisi atau perbaikan (7) uji coba terbatas.
5. Hasil Penelitian
Hasil penelitian menerangkan kecenderungan kebutuhan yang diajukan guru dan siswa. Ide tersebut disusun dalam bentuk prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan keterampilan menulis teks eksposisiyang bermuatan nilai-nilai sosial. Hasil penilaian ahli, buku pengayaan memberikan penilaian baik dan layak sebagai bahan ajar.
Berdasarkan hasil penilaian ahli dan uji keefektifan, buku pengayaan keterampilan menulisteks eksposisi yang bermuatan nilai-nilai sosial yang dikembangkan layak digunakan sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dan menanamkan nilai-nilai sosial.
6. Kesimpulan
Pertama, berdasarkan analisis kebutuhan menunjukan guru dan siswa membutuhkan buku pengayaan menulis teks eksposisi yang disesuaikan dengan pemahaman siswa SMP, divariasikan dengan penyajian materi yang menarik dan lengkap, bahasa yang mudah dipahami, dan aspek grafika yang sesuai dengan siswa SMP.
Kedua, prinsip-prinsip buku pengayaan menulis teks eksposisi bermuatan nilai-nilai sosial untuk siswa SMPterdiri dariprinsip penyusunan dan prinsip penggunaan.
Ketiga, prototipe buku pengayaan menulis teks eksposisi disusun berdasarkan kebutuhan guru dan siswa.
7. Komentar
a. Keunggulan
Metode penelitian yang bagus, penjelasan tentang hasil penelitian yang jelas dan hasil penelitian yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan lebih lanjut
b. Kelemahan
Referensi yang di guankan banyak yang tidak up to date.