ANALISIS DAN SINTESIS JURNAL

ANALISIS DAN SINTESIS JURNAL. PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CARA MENULIS TEKS PENJELASAN BERMUATAN NILAI BUDAYA LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR.

Ana Rediati
SELOKA 4 (1) (2015) ISSN 2301-6744

1. Latar belakang
Buku ajar selain memiliki peran penting dalam pembelajaran untuk peserta didik, juga mempunyai peran penting untuk guru. Bagi peserta didik, buku merupakan sumber belajar, sedangkan bagi guru sebagai pendamping dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, bahan ajar yang berupa buku pelajaran merupakan sumber belajar dan media yang sangat penting untuk mendukung tercapainya kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, buku memiliki peran penting dalam kegiatan pembelajaran, yaitu penentu kualitas pembelajaran. Mengingat akan perannya itu, sudah sepatutnya penggunaan buku di sekolah diperhatikan secara serius.

2. Landasan Teori
Parris (2010) dalam artikel berjudul “Cultural Dimensions of Learning: Addressing the Challenges of Multicultural Instruction” menjelaskan bahwa pembelajaran berbasis budaya sangat diperlukan bagi peserta didik, karena dengan menerapkan pembelajaran berbasis budaya akan mengajarkan sikap cinta terhadap budaya dan bangsa karena pembelajaran berbasis budaya akan memperkenalkan kepada peserta didik tentang potensi-potensi sebuah daerah sehingga peserta didik akan lebih mengenal budaya daerahnya. Pembelajaran berbasis budaya juga mengejarkan kepada anak untuk bersikap tenggang rasa kepada sesama teman yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda.

3. Masalah
Bagaimana dampak pengembangan buku pengayaan cara menulis teks penjelasan bermuatan nilai Budaya Lokal untuk peserta didik Kelas V Sekolah Dasar

4. Metodologi
Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Ada sepuluh tahapan Metode R & D menurut Gall (2003:570) yaitu: (1) research and information collecting, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, dan (10) dissemination and implementation.   

5. Hasil Penelitian
Kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal untuk peserta didik kelas V SD meliputi (1) kebutuhan peserta didik terhadap isi materi buku pengayaan menulis teks penjelasan, (2) kebutuhan peserta didik terhadap penyajian buku pengayaan menulis teks penjelasan, (3) kebutuhan peserta didik terhadap bahasa dan keterbacaan buku pengayaan menulis teks penjelasan (4) kebutuhan peserta didik terhadap kegrafikaan buku pengayaan menulis teks penjelasan, dan (5) harapan peserta didik terhadap buku pengayaan menulis teks penjelasan.

6. Kesimpulan
Pertama, buku pengayaan keterampilan menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal dibuat berdasarkan kecenderungan kebutuhan siswa dan guru. Kedua, buku pengayaan menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal merupakan buku penunjang yang dapat digunakan sebagai buku pendamping dalam pembelajaran. Ketiga, pembelajaran yang berangsur meningkat merupakan identifikasi keberhasilan buku pengayaan menulis teks penjelasan. Berdasarkan harga uji t sebesar 10,242 dengan tingkat signifikansi 0,000 dan derajat kebebasan (df) = 29 dengan taraf kepercayaan 95%,

7. Komentar
a. Keunggulan
Metode penelitian yang bagus, penjelasan tentang hasil penelitian yang jelas dan hasil penelitian yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan lebih lanjut

b. Kelemahan
Referensi yang di guankan banyak yang tidak up to date.