Modul Ajar RPP Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text

Perangkat ajar merupakan buku teks dan modul ajar yang membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.

Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Di bawah ini kami membagikan Bahan Ajar RPP Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text. 

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text Kurikulum 2022 Bahan Ajar RPP Kurikulum Merdeka

Bahan Ajar/Modul Ajar Bahasa Inggris SMP Fase D Kelas 7 Materi Descriptive Text

Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Kelas : 7
Alokasi Waktu : 6 x 80 menit (12 JP)

Deskripsi :
Modul pembelajaran ini akan memperlengkapi peserta didik untuk belajar menulis teks deskripsi yang menarik dan benar. Perangkat ajar ini didesain untuk digunakan secara efektif dengan Akun Pembelajaran, yaitu akun Google dengan domain belajar.id.

Profil Pelajar Pancasila:
  • Bernalar kritis: Mengidentifikasi ide pokok, informasi detail, dan informasi tersirat dari sebuah Descriptive text.
  • Kreatif: Menyusun teks deskripsi secara mandiri
  • Kebhinekaan global: Mengenal berbagai teks descriptive dalam konteks keragaman global
Cara Penggunaan:
  • Guru membaca capaian pembelajaran dan memilih bterbagai pilihan materi dan tugas yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan lingkungannya. Terdapat tips dan panduan serta alternatif tugas yang membantu guru menerapkan bahan ajar ini. 
Relevansi Projek:
  • Perangkat ajar ini mencangkup capaian pembelajaran, materi, tugas, pengayaan, petunjuk beserta link yang dapat diklik sebagai bahan ajar yang akan membantu guru mengintegrasikan materi ke Google
  • Classroom dan perangkat Google Workspace for Education.
Sarana Prasarana
  • Komputer/Laptop
  • Koneksi Internet
  • Disarankan: Akun Google Workspace for Education (contoh: belajar.id), atau akun Google pribadi
Model Pembelajaran:
  • Tatap Muka/Pembelajaran Hybrid/Pembelajaran Blended
  • Model Pembelajaran: Kontekstual
Capaian dan Tujuan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase D, siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual dalam Bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal, berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks asli menjadi rujukan utama dalam mempelajari Bahasa Inggris di fase ini. Siswa menggunakan Bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan.

Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosa kata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam Bahasa Inggris.

Tujuan Pembelajaran :
7.1 Mengidentifikasi konteks, gagasan utama, dan informasi terperinci dari ragam teks lisan/tulisan yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas.

7.4 Menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dari ragam teks yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas.

7.5 Menganalisa struktur teks, unsur kebahasaan dan konteks dari ragam teks yang disajikan dalam bentuk multimoda pada konteks yang berbeda dalam lingkup keluarga dan kelas.

7.7 Merancang berbagai ragam teks tulisan maupun lisan sederhana yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas

7.8 Memproduksi berbagai ragam teks tulisan maupun lisan sederhana yang disajikan dalam bentuk multimoda dalam lingkup keluarga dan kelas.

Materi : Descriptive Text (Teks Deskripsi)