RPP 1 Lembar Materi Struktur Teks Deskripsi

RPP TERBARU - RRPP 1 Lembar Materi Struktur Teks Deskripsi Kelas VII Semester 1 Tahun 2020/2021. Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. RPP INSPIRATIF SMP Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas-aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluaninti dan penutup

Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah- langkah percobaan. Langkah- langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum.i akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Asesmen yang dilakukan meliputi 3 aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk mengukur tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. Satu kegiatan dapat mencakup tiga aspek penilaian sekaligus.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP/MTs 
Mata Pelajaran :
Materi : Struktur Teks Deskripsi
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran | 2020/2021
Alokasi : 5 Pertemuan

TUJUAN PEMBELAJARAN
Menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi serta menyajikan data gagasan, kesan dalam
bentuk teks deskripsi

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kelas dibagi menjadi 10-12 kelompok.
Belajar di luar kelas dengan kelompoknya dan pemanfaatan lingkungan sekitar dan mencatat ciri objek yang diamati dengan cermat.

Pertemuan 2
Menulis kembali hasil catatan dengan variasi struktur teks (variasi/ragam pendahuluan teks, pola pengembangan identifikasi, dan pola penutup).
Menyajikan hasil pengamatan terhadap objek yang terdapat dalam lingkungan sekitar.

Pertemuan 3
Menentukan ragam variasi pendahuluan, pengembangan rincian, dan penutup teks deskripsi yang dibuat.
Mencari kata bersinonim dalam teks deskripsi.
Menggunakan konjungsi (seperti, sementara itu, dll.) dalam kalimat teks deskripsi.

Pertemuan 4
Menentukan ragam variasi pendahuluan, pengembangan rincian, dan penutup teks deskripsi yang dibuat.
Mencari kata bersinonim dalam teks deskripsi.
Menggunakan konjungsi (seperti, sementara itu, dll.) dalam kalimat teks deskripsi.

Pertemuan 5
Menganalisis struktur teks deskripsi berdasarkan teks yang ditulis teman

Refleksi dan Konfrimasi
(refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan
refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan)

PENILAIAN
SIKAP
Bersyukur terhadap apa yang ada di lingkungan sekitar.
Kerja sama dalam mengamati objek.
Tanggung jawab dalam menulis objek yang diamati.

PENGETAHUAN
Menelaah struktur teks deskripsi (guru dapat menggunakan teks yang ditulis siswa).
Menyunting ejaan, tanda baca, dan diksi dalam teks deskripsi dengan teliti.

KETERAMPILAN
Menulis objek yang diamati; panjang tulisan antara 300 s.d. 400 kata; dan gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Contoh RPP INSPIRATIF Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021 | Materi Struktur Teks Deskripsi
RPP INSPIRATIF Bahasa Indonesia Kelas VII Tahun 2020/2021 | Materi Struktur Teks Deskripsi
Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]