FORMATIF KB 2 TEMATIK

SOAL FORMATIF DAN SUMATIF


FORMATIF KB 2 TEMATIK

1.  Aliran teori belajar yang memandang bahwa belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman adalah ….
a.       Kognitivisme
b.      Humanis
c.       Behaviorisme
d.      Konstruktivisme

2. Aliran teori belajar yang memberi penekanan tentang perilaku manusia sebagai hasil interaksi faktor dalam diri dan lingkungan adalah ….
a.      Behaviorisme
b.      Kognitivisme
c.       Konstruktivisme
d.      Sosial


3.    Aliran teori belajar yang paling menonjol diterapkan bu Popi adalah ….
a.       Humanism
b.      Konstruktivisme
c.       Behaviorisme
d.      Kognitivisme

4.    Belajar sebagai hasil meniru aktivitas orang lain merupakan salah satu pernyataan terkait teori belajar menurut ….
a.       Bruner
b.      Bandura
c.       Gagne
d.      Ausubel

5. Implementasi fase pembelajaran menurut teori belajar Piaget dimana siswa aktif menggali pengetahuan dengan cara mengamati struktur materi pembelajaran berupa pengetahuan faktual (fakta yang terdiri dari peristiwa, fenomena, simbol, dan fakta lainnya) merupakan implementasi fase ….
a.       Aplikasi konsep
b.      Eksplorasi
c.       Pengendalian konsep
d.      Penguatan konsep

6.    Implementasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran adalah ….
a.       Anak akan belajar jika selalu diperintah
b.      Anak akan belajar jika diberikan motivasi
c.       Anak akan belajar jika dibiasakan
d.      Anak akan belajar lebih giat jika mendapat nilai baik

7. Menurut aliran teori belajar humanism, tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia.sehingga tujuan utama guru adalah ….
a.       Membantu siswa belajar menjadi manusia dewasa
b.      Membantu siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya
c.       Membantu siswa mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia unik
d.      Membantu siswa belajar bagaimana menghargai manusia lain

8.   Pada saat siswa mulai belajar menulis bilangan, guru memfasilitasinya dengan buku siswa yang didalamnya terdapat titik-titik yang membentuk beberapa bilangan. Pada pembelajaran berikutnya, siswa mulai menulis bilangan dibantu oleh guru dengan cara memegangi pensil siswa untuk diarahkan, berikutnya siswa menulis bilangan secara mandiri.
Aktivitas tersebut merupakan penerapan salah satu prinsip pada teori belajar Skinner, yaitu….
a.       Prinsip hukuman
b.      Prinsip penghapusan
c.       Prinsip pembentukan
d.      Prinsip penguatan

9.  Salah satu fase pembelajaran dengan menerapkan teori Pavlov dengan cara mengurangi bahkan menghilangkan stimulus kondisi secara berangsur-angsur sehingga yang tersisa adalah stimulus utama supaya respon tetap terjadi meskipun tanpa stimulus kondisi disebut fase ….
a.       Generalisasi
b.      Eliminasi
c.       Diskriminasi
d.      Akuisisi


10.Teori belajar tentang Zone Of Proximal Development (ZPD) yang amengatakan bahwa perkembangan potensial akan selalu lebih tinggi dan dibandingkan perkembangan aktual karena pengaruh dari lingkungan yang dikondisikan dengan baik merupakan teori ….
a.       Gagne
b.      Thorndike
c.       Pavlov
d.      Vygotski