JAWABAN Tes
Formatif M6 KB2: Penilaian Otentik
Dalam
kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu
penilaian aseorang pendidik meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan tugas
belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian
otentik berbentuk....
Penilaian
diri
|
|
Penilaian
proyek
|
|
Penilaian
antar teman
|
|
Penilaian
portofolio
|
|
Penilaian kinerja
|
Bentuk
penilaian yang meminta peserta didik untuk menulis teks narasi, ekspositori, persuasi,
atau kombinasi berbeda dari teks-teks tersebut merupakan contoh peniaian
otentik berbentuk....
Pertanyaan
terbuka
|
|
Jurnal
|
|
Menceritakan
kembali teks
|
|
Eksperimen
atau demonstrasi
|
|
Menulis sampel teks
|
Penilaian
otentik memiliki kelebihan dan kelemahan di bandingkan dengan penilaian
tadisional. Salah satu kelebihan penilaian otentik adalah....
Membutuhkan
waktu yang tidak terlalu lama dalam proses koordinasi.
|
|
Meningkatkan kreativitas
dan kerja yang bersifat kolaboratif
|
|
Mudah
dan praktis untuk diterapkan di kelas yang banyak jumah peserta didiknya
|
|
Memudahkan
pendidik untuk memberikan penilaian yang konsisten.
|
|
Mudah
dikoordinasikan dengan standar Pendidikan.
|
Menentukan
tugas-tugas belajar yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan
memperhatikan keterkaitan antara kompetensi belajar dan dunia nyata merupakan
langkah pengembangan peniaian otentik....
Identifikasi
kompetensi
|
|
Perumusan
rubrik
|
|
Penentuan
sekor
|
|
Pengolahan
sekor
|
|
Penentuan tugas-tugas
belejar
|
Pada
penilaian kinerja peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar
tertentu dengan maksud agar peerta didik mengaplikasikan pengetahuan dan
keterampilan yang dimilikinya. Instrumen yang dapat digunakan untuk merekam
hasil belajar pada penilaian kinerja terebut adalah....
Lembar
jurnal
|
|
Peniaian
diri sendiri
|
|
Lembar
penilaian antar teman
|
|
skala penilaian ( rating
scale)
|
|
Kuesioner
|
Kemampuan
peserta didik pada penilaian otentik ditentukan dengan mencocokkan kinerja
peserta didik terhadap seperangkat kriteria untuk menentukan sejauh mana
kinerja peserta didik memenuhi kriteria untuk tugas tersebut. Hal berkaitan
dengan langkah penilaian otentik...
Pengolahan
sekor
|
|
Perumusan
rubrik
|
|
Penentuan kriteria
|
|
Penentuan
sekor
|
|
Identifikasi
kompetensi
|
Penilaian
otentik pada hakekatnya berbeda dengan penilaian tradisional yang bisa
dilakukan oleh pendidik di kelas. Salah satu karakteristik penilaian otentik
adalah....
Peserta
didik diminta untuk menambah materi yang diajarkan
|
|
Peserta didik diminta untuk
menerapkan apa yang telah mereka pelajari.
|
|
Peserta
didik diminta untuk mencatat semua materi yang diajarkan.
|
|
Peserta
didik diminta untuk membuat soal dan jawaban materi yang diajarkan
|
|
Peserta
didik diminta untuk menghafalkan materi yang diajarkan
|
Seorang
pendidik melakukan penilaian otentik yang ditujukan untuk menilai kemampuan
melaksanakan keterampilan yang meliputi beberapa komponen dengan lancar, tepat,
urut, dan efisien. Aspek keterampilan yang dinilai pendidik tersebut adalah
aspek....
Geraan
terbimbing
|
|
Kesiapan
|
|
Persepsi
|
|
Gerakan kompleks
|
|
Gerakan
terbiasa
|
Penilaian
otentik dirasakan mampu meninkgkatkan keaktifan dan kreativitas peserta didik.
Namun demikian, penilaian otentik juga memiliki beberapa kelemahan, salah
satunya adalah....
Lebih
mendorong kerja individual bagi peserta didik
|
|
Proses
penilaian dirasa mnjemukan bagi peserta didik
|
|
Proses
penilaian kurang praktis untuk jumlah peserta didik yang banyak
|
|
Tidak mementikan
keterpaduan pembelajaran di sepanjang waktu
|
|
Tidak
merefleksikan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia nyata.
|
Penilaian
berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik
menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok merupakan contoh
penilaian otentik berbentuk....
Penilaian proyek
|
|
Penilian
kinerja
|
|
Jurnal
|
|
Penilaian
portofolio
|
|
Penilaian
antar teman
|