Tes Formatif M6 KB2: Penilaian Otentik

JAWABAN Tes Formatif M6 KB2: Penilaian Otentik

Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian aseorang pendidik meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk....
Penilaian diri
Penilaian proyek
Penilaian antar teman
Penilaian portofolio
Penilaian kinerja


Bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk menulis teks narasi, ekspositori, persuasi, atau kombinasi berbeda dari teks-teks tersebut merupakan contoh peniaian otentik berbentuk....
Pertanyaan terbuka
Jurnal
Menceritakan kembali teks
Eksperimen atau demonstrasi
Menulis sampel teks

Penilaian otentik memiliki kelebihan dan kelemahan di bandingkan dengan penilaian tadisional. Salah satu kelebihan penilaian otentik adalah....

Membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama dalam proses koordinasi.
Meningkatkan kreativitas dan kerja yang bersifat kolaboratif
Mudah dan praktis untuk diterapkan di kelas yang banyak jumah peserta didiknya
Memudahkan pendidik untuk memberikan penilaian yang konsisten.
Mudah dikoordinasikan dengan standar Pendidikan.

Menentukan tugas-tugas belajar yang harus dikerjakan oleh peserta didik dengan memperhatikan keterkaitan antara kompetensi belajar dan dunia nyata merupakan langkah pengembangan peniaian otentik....

Identifikasi kompetensi
Perumusan rubrik
Penentuan sekor
Pengolahan sekor
Penentuan tugas-tugas belejar

Pada penilaian kinerja peserta didik diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu dengan maksud agar peerta didik mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya. Instrumen yang dapat digunakan untuk merekam hasil belajar pada penilaian kinerja terebut adalah....

Lembar jurnal
Peniaian diri sendiri
Lembar penilaian antar teman
skala penilaian ( rating scale)
Kuesioner

Kemampuan peserta didik pada penilaian otentik ditentukan dengan mencocokkan kinerja peserta didik terhadap seperangkat kriteria untuk menentukan sejauh mana kinerja peserta didik memenuhi kriteria untuk tugas tersebut. Hal berkaitan dengan langkah penilaian otentik...

Pengolahan sekor
Perumusan rubrik
Penentuan kriteria
Penentuan sekor
Identifikasi kompetensi

Penilaian otentik pada hakekatnya berbeda dengan penilaian tradisional yang bisa dilakukan oleh pendidik di kelas. Salah satu karakteristik penilaian otentik adalah....
Peserta didik diminta untuk menambah materi yang diajarkan
Peserta didik diminta untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari.
Peserta didik diminta untuk mencatat semua materi yang diajarkan.
Peserta didik diminta untuk membuat soal dan jawaban materi yang diajarkan
Peserta didik diminta untuk menghafalkan materi yang diajarkan

Seorang pendidik melakukan penilaian otentik yang ditujukan untuk menilai kemampuan melaksanakan keterampilan yang meliputi beberapa komponen dengan lancar, tepat, urut, dan efisien. Aspek keterampilan yang dinilai pendidik tersebut adalah aspek....
Geraan terbimbing
Kesiapan
Persepsi
Gerakan kompleks
Gerakan terbiasa

Penilaian otentik dirasakan mampu meninkgkatkan keaktifan dan kreativitas peserta didik. Namun demikian, penilaian otentik juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah....
Lebih mendorong kerja individual bagi peserta didik
Proses penilaian dirasa mnjemukan bagi peserta didik
Proses penilaian kurang praktis untuk jumlah peserta didik yang banyak
Tidak mementikan keterpaduan pembelajaran di sepanjang waktu
Tidak merefleksikan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia nyata.

Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok merupakan contoh penilaian otentik berbentuk....
Penilaian proyek
Penilian kinerja
Jurnal
Penilaian portofolio
Penilaian antar teman

SOAL FORMATIF DAN SUMATIF