PENINGKATAN
HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN
PENGURANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PERSEGI PECAHAN
Robiyanto, Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Universitas Negeri Yogyakarta robiyanto.pgsd@gmail.com. 1.678 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 17
Tahun ke-5 2016
1.
Latar
belakang
Matematika merupakan salah satu bidang studi yang
ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga
perguruan tinggi. Menurut Ebbutt dan Straker (Marsigit, 2004: 3) mendefinisikan
matematika sekolah sebagai: (1) kegiatan penelusuran pola dan hubungan, (2)
kreativitas yang memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan (3) kegiatan
pemecahan masalah, dan (4) sebagai alat berkomunikasi.
2.
Landasan
Teori
Pembahasan
tentang alat peraga tentunya tidak lepas dari pembahasan mengenai media pembelajaran.
Banyak pendapat menyatakan bahwa pengertian alat peraga sama dengan pengertian
media pembelajaran. Ade Rohayati (2008) mengatakan bahwa alat peraga dapat didefinisikan
sebagai suatu alat yang penggunaannya di integrasikan dengan tujuan dan isi
materi yang disampaiakan serta berguna untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar
mengajar.
Fungsi utama alat peraga dalam pembelajaran
matematika adalah untuk mempermudah guru menjelaskan suatu konsep yang bersifat
abstrak kepada siswa.
3.
Masalah
Bagaimana
cara peningkatan hasil belajar
matematika materi penjumlahan Dan pengurangan pecahan menggunakan alat peraga
persegi Pecahan di SMP
4.
Metodologi
Supaya
penelitian ini lebih terfokus dan memiliki persamaan persepsi, perlu adanya
batasan batasan istilah yang digunakan dalam variabel pada judul penelitian
ini. Istilah-istilah tersebut yaitu: 1) Hasil belajar, hasil belajar dalam
penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif
yang diperoleh siswa pada pembelajaran matematika. Hasil tersebut
diperoleh dari pengukuran menggunakan alat evaluasi (tes tertulis) pada materi
penjumlahan dan pengurangan pecahan; 2) Penjumlahan dan pengurangan pecahan,
merupakan salah satu materi dalam operasi hitung bilangan matematika. Penelitian
ini membatasi materi yang diajarkan pada kelas V yaitu penjumlahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama sesuai dengan Standar Kompetendi dan
Kompetensi Dasar Matematika kelas V; 3) Alat peraga persegi pecahan, adalah
suatu media atau alat peraga matematika yang berbentuk persegi dan terbuat dari
mika transparan yang digunakan dalam pembelajaran matematika.
5.
Hasil
Penelitian
Di bawah ini merupakan sajian data hasil Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan menggunakan alat peraga persegi pecahan yang telah
dilaksanakan selama 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya.
Penelitian dilaksanakan di kelas VA SD Negeri Golo Yogyakarta.
Tabel 2. Hasil
Belajar pada Pratindakan, Siklus I dan Siklus II
6. Kesimpulan
1) Penggunaan alat peraga persegi pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas VA SD Negeri Golo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2) Penggunaan alat peraga persegi pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas VA SD Negeri Golo dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran
7. Komentar
a. Keunggulan
Metode penelitian yang bagus, penjelasan tentang hasil penelitian yang jelas dan hasil penelitian yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan lebih lanjut
b. Kelemahan
Referensi yang di guankan banyak yang tidak up to date.
Lima jurnal yang telah dianalisis masing-masing memiliki perbedaan baik metode penelitinannya maupun instrument yang digunakan. Walaupun demikian kelima jurnal tersebut membahas tema pendidikan yang menggarah kepada pelajaran Matematika. Jurnal dari tahun 2016 sampai 2017 yang dianalisi menunjukkan adanya perkembangan dalam metode penelitian.
Demikianlah Artikel Singkat Mengenai Analisis dan Sintesis 5 Jurnal dari Tahun 2016 ke Atas. Terima Kasih Banyak telah berkunjung.
IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya,Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Jangan Lupa Berdoa.
Semoga Bermanfaat.
6. Kesimpulan
1) Penggunaan alat peraga persegi pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas VA SD Negeri Golo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
2) Penggunaan alat peraga persegi pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas VA SD Negeri Golo dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran
7. Komentar
a. Keunggulan
Metode penelitian yang bagus, penjelasan tentang hasil penelitian yang jelas dan hasil penelitian yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan lebih lanjut
b. Kelemahan
Referensi yang di guankan banyak yang tidak up to date.
Lima jurnal yang telah dianalisis masing-masing memiliki perbedaan baik metode penelitinannya maupun instrument yang digunakan. Walaupun demikian kelima jurnal tersebut membahas tema pendidikan yang menggarah kepada pelajaran Matematika. Jurnal dari tahun 2016 sampai 2017 yang dianalisi menunjukkan adanya perkembangan dalam metode penelitian.
Sintesis Jurnal
Demikianlah Artikel Singkat Mengenai Analisis dan Sintesis 5 Jurnal dari Tahun 2016 ke Atas. Terima Kasih Banyak telah berkunjung.
IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya,Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Jangan Lupa Berdoa.
Semoga Bermanfaat.