Jurnal IPS | Analisis dan Sintesis Pada Jurnal

SEBUAH PENYELIDIKAN REFRESENTASI DALAM PENDIDIKAN IPS
Sofli, Ajat Sudrajat, Purnomo Sidi, Ajat Sudrajat, Prihma Sinta Utami, Abdul Gafur, Ari Wijayanti, Taat Wulandari, Novika Malinda Safitri dan Taat Wulandari

Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Volume 2, No 1, Maret 2015 (97-103)
Jurnal Harmoni Sosial, Volume 1 Nomor 2, 2014
Skripsi Lengkap ANALISIS DAN SINTESIS JURNAL IPS


1.    Latar belakang
Pendidikan IPS bertujuan membekali siswa den­gan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk menjadi warga masyarakat yang baik. Untuk dapat berpartisipasi menjadi warga negara yang baik maka perlu memiliki kemampuan yang berupa; pengetahuan (knowledge), keterampilan (skills), sikap dan nilai (attitudes and values), serta kemampuan berperilaku (action) (Sapriya, 2011, p.157). Untuk itu pembelajaran IPS harus dilaksanakan secara komprehensif menyangkut ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa secara seimbang.

2.    Landasan Teori
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) secara resmi mulai dipergunakan di Indonesia sejak tahun 1975 merupakan istilah untuk pengertian social studies, seperti di Amerika. Sardjiyo (repository. upi.edu/ operator /upload /s-pgsd_0802684_chapter2.pdf) mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan sosial adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisa gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau suatu perpaduan. Menurut Trianto (2010: 171) IPS merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. IPS dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan suatu pendekatan imterdisipliner dari aspek dan cabang-cabang ilmu sosial. (sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum dan budaya). Selanjutnya Djahiri (dalam Sapriya, dkk, 2006: 7) mengemukakan bahwa IPS merupakan ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang-cabang ilmu sosial

3.    Masalah
Bagaimana dampak penggunaan metode pembelajaran dan gaya belajar siswa  terhadap hasil belajar IPS

4.    Metodologi
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta dan sampelnya adalah siswa kelas VII B, VII E, VII H dan VII J, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Validitas instrumen diukur dengan rumus analisis faktor, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Normalitas data diuji dengan rumus Kolmogorof-Smirnov dan homogenitas data diuji dengan rumus Levene Test.

5.    Hasil Penelitian
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara metode pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa dan hasil belajar dengan metode Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan metode Problem-Based Learning; (2) terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa dan hasil belajar dengan metode Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan metode Problem-Based Learning pada kelompok gaya belajar visual; (3) hasil belajar dengan metode Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan metode Problem-Based Learning pada kelompok gaya belajar auditorial; (4) tidak terdapat pengaruh antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS.

6.    Kesimpulan
Terdapat pengaruh antara metode PBL dan TPS, dan terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar IPS

7.    Komentar
a.    Keunggulan
Metode penelitian yang bagus, penjelasan tentang hasil penelitian yang jelas dan hasil penelitian yang sangat bermanfaat untuk dikembangkan lebih lanjut
b.  Kelemahan
Referensi yang di guankan banyak yang tidak up to date.

Lima jurnal yang telah dianalisis masing-masing memiliki perbedaan baik metode penelitinannya maupun instrument yang digunakan. Walaupun demikian kelima jurnal tersebut membahas tema pendidikan yang menggarah kepada pelajaran IPS. Jurnal dari tahun 2014 sampai 2017 yang dianalisi menunjukkan adanya perkembangan dalam metode penelitian.

Demikianlah Analisis dan Sintesis Jurnal IPS
IKUTI BLOG Kami Supaya Tidak Ketinggalan Artikel-artikel menarik Lainnya,Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Kami. Jangan Lupa Berdoa.
Semoga Bermanfaat.