RPP SMP Materi Pokok Mengomentari Buku Fiksi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 10
Mengomentari Buku Fiksi
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok: Mengomentari Buku Fiksi
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.10 Menelaah unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.10 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.10
3.10.1 Siswa mampu menelaah unsur-unsur buku fiksi
3.10.2 Siswa mampu menelaah unsur-unsur buku nonfiksi
KD 4.10
4.10.1 Siswa mampu menulis
peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi yang dibaca
4.10.2 Siswa mampu memberikan
tanggapan terhadap isi buku yang dibaca
4.10.2 Siswa mampu mempresentasikan isi
buku fiksi yang dibaca
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
a. Unsur-unsur buku fiksi
b. Unsur-unsur buku nonfiksi
c. Peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi
d. Komentar terhadap isi buku fiksi
2. Materi pembelajaran remedial:
a. Unsur-unsur buku fiksi
b. Unsur-unsur buku fiksi
c. Peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi
d. Komentar terhadap isi buku fiksi
3. Materi pembelajaran pengayaan: sikap kerja keras,
kejujuran dan tanggung jawab dari tokoh fiksi yang dibaca.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik berdoa sebelum belajar
2) Peserta didik diajak tanya jawab tentang manfaat dari
membaca buku.
3) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4) Peserta didik menerima penyampaian tujuan , garis besar
cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Peserat didik diminta memilih hasil bacaan dari buku
fiksi yang telah dibacanya
2. Peserta didik membaca lagi buku yang dibawa secara
garis besar.
3. Peserta didik mengecek unsur-unsur buku yang telah
dibaca.
4. Peserta didik bertukar tugas dengan temannya
5. Peserta didik mengoreksi hasil kerja temannya
6. Seorang peserta didik mempresentasekan hasil
koreksiannya.
7. Peserta didik menanggapi persentase temannya.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan
butir-butir pokok tentang unsur-unsur buku.
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan
dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima tugas dari guru untuk membaca kembali
buku yang sudah dianalisis unsur-unsurnya.
4) Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan
pembelajaran pertemuan berikutnya.
5) Peserta didik mengumpulkan tugas yang telah
dikerjakannya.
6) Doa dan salam
Unduh
RPP SMP Materi Pokok : Mengomentari Buku Fiksi