RPP SMP Materi Pokok Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 9
Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
4.9 Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi
yang dibaca..
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.9
3.9.1 Peserta didikMemilih hasil bacaan dari buku nonfiksi yang dilakukan sebelumnya
3.9.2 Membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar, untuk mengecek
unsure-unsur buku yang pernah dibaca
3.9.3 Peserta didik diminta bertanya tentang cara mengubah
data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman
gagasan pokok
3.9.4 Peserta didik membaca secara indifidu untuk mengali informasi
sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
3.9.5 Peserta didik menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran
dan gagasan utama
KD 4.9
4.9.1 Peserta didik membaca catatan hasil rangkuman yang dibuat
4.9.2 Peserta didik diminta bertanya tentang cara mengomentari buku non
fiksi
4.9.3 Peserta didik membaca secara indifidu untuk menggali informasi
sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar
4.9.4 Peserta didik membaca beragam komentar terhadap buku non fiksi
4.9.5 Peserta didik menyimpulkan unsure-unsur yang dapat dikomentari pada
buku