Part 4: Faktor-Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Minat Ibu Terhadap Upaya Deteksi Dini Kanker Payudara Di Tahun 2014

Part 4: FAKTOR-FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI MINAT IBU TERHADAP UPAYA DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI TAHUN 2014

Sambungan Part 3

C. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Ibu

1. Pengertian

Minat dalam “ Kamus Besar Bahasa Indonesia” ( 2002 ), berarti kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, keinginan. Minat seseorang dapat timbul akibat adanya daya tarik dari luar dan juga dating dari hati sanubari masing –masing. Minat yang besar terhadap sesuatu merupakan modal yang besar artinya untuk mencapai atau memperoleh benda atau tujuan yang diinginkan itu (Dalyono, 2001).

Minat pada dasarnya merupakan hasil penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar pula minatnya (Slameto, 1991, cit. Djamarah, 2002).

Minat adalah kecenderungan seseorang untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas atau kegiatan yang dilakukan seseorang, hal ini muncul dikarenakan oleh adanya respon atau rangsangan untuk melakukan suatu aktivitas tersebut.

Seseorang akan menaruh minat atau menyeimbangkan keadaan atas kondisi yang tidak seimbang berdasarkan adanya kebutuhan maka untuk meningkatkannya seseorang akan mencari pengetahuan. Jika seseorang mempunyai minat terhadap suatu objek, maka minat tersebut akan menjadi suatu pendorong yang kuat untuk berhubungan lebih aktif terhadap obyek yang menarik perhatiannya tersebut. Dengan demikian minat merupakan pendorong atau motivasi yang menyebabkan seseorang merasa tertarik dan menaruh perhatian terhadap obyek tertentu.

Dalam hal ini adalah melakukan pemeriksan payudara sendiri khususnya bagi siswi-siswi yang mempunyai minat untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

2. Proses Terjadinya Minat

Proses terjadinya minat, terdiri dari:

a. Motif ( alasan, dasar, pendorong).

b. Perjuangan motif, sebelum mengambil keputusan, pada batin terdapat beberapa motif yang bersifat luhur dan rendah, dan disini harus dipilih

c. Keputusan, inilah yang sangat penting yang berisi pemilihan antara motif – motif yang ada dan meninggalkan kemungkinan yang lain, sebab tak mungkin seseorang mempunyai macam – macam keinginan pada waktu yang sama.

d. Bertindak sesuai dengan keputusan yang diambil.

e. Keputusan yang datangnya dari hati merupakan perbuatan, kemampuan untuk memilih dan mengambil keputusan dengan ciri – cirri mempertahankan seluruh kepribadiannya, sifatnya irrasional, berlaku perseorangan dan pada suatu situasi, serta timbulnya dari lubuk hati.

Faktor Yang Mempengaruhi Minat Ibu Proses Terjadinya Minat Faktor – faktor yang Mempengaruhi Minat

3. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Minat

Menurut Hurlock ( 2000 ) minat seseorang dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, pengalaman, status ekonomi, tanggung jawab, pengetahuan dan pindidikan. Umur mempengaruhi minat seseorang karena minat muncul sejak masa bayi, dengan diawali minat untuk bermain. Semakin bertambah usia seseorang maka akan muncul minat yang baru bahkan minat lamanya akan berangsur – angsur menghilang. Selain itu, perubahan pada minat juga dipengaruhi oleh lingkungan, kelompok, dan peran yang ada dalam dirinya karena adanya perbedaan dalam kemampuan dan pengalaman. Status ekonomi membaik, orang cenderung memperluas minat mereka. Sebaliknya jika status ekominya memburuk, maka orang akan mempersempit minatnya. Pendidikan seseorang juga akan mempengaruhi minat, hal ini disebabkan oleh rasa ingin tahu yang dimiliki tiap orang, sedangkan rasa ingin tahu seseorang itu dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, pengalama, status sosial, tanggung jawab, informasi dan pendidikan.

Minat merupakan salah satu gejala kejiwaan yang mempengaruhi prilaku manusia. Untuk terbentunya minat tersebut ada factor-faktor yang mempengaruhi, diantaranya adalah factor pengalama, keyakinan, sarana fisik, social budaya masyarakat, dan sebagainya. Sehingga seorang ibu akan melakukan sesuatu jika ai berminat melakukanya dan minat tersebut timbul karena adanya factor-faktor yang mempengaruhi ibu seperti pendidikan, pengetahuan dan factor informasi (Notoatmojdo, 2007).